Oleh: ikwanti | 19 Januari 2011

Demam pada Ibu Hamil

Katanya dokter obgyn-ku demam itu biasa terjadi pada ibu hamil. Hal itu terjadi karena si ibu kurang minum air putih. Cara pertama mengatasinya adalah dengan memperbanyak minum air putih dan minum madu. Karena madu adalah obat alami penurun demam. Namun hati-hati bila demam terjadi rutin pada waktu tertentu dan berlangsung 3 hari lebih seperti yang saya alami kemarin. Konsumsi air putih sudah lebih dari cukup, madu juga sudah di minum, namun demam tak jua pergi. Selalu terjadi tiap habis dhuhur. Smakin sore smakin tinggi dan terjadi sampai pagi hari. Begitu pagi, badan sudah terasa sehat lagi. Konsultasi ke beberapa orang yang pernah hamil, katanya itu biasa, mungkin karena kecapekan. Padahal demam-ku itu terjadi setiap hari pada waktu setelah dhuhur sampai pagi hari slama seminggu lebih, hampir 2 minggu. Bahkan saya harus bolos kerja berkali-kali gara2 pagi hari nya lemes karena malam hari kurang tidur (menggigil kedinginan dan demam tinggi pada malam hari). Pada puncaknya akhirnya badan terasa lemas, nafsu makan berkurang dan mata berkunang-kunang tiap kali menatap. Akhirnya saya periksakan ke dokter. Setelah di cek ternyata demam saya tinggi skali (meski tidak pakai termometer) dan tensi saya terlalu rendah untuk ukuran ibu hamil: 85/50. Bisa berbahaya jika terus2an begini dan tidak segera ditangani. Saya ceritakan kondisi saya ke dokter tersebut. Dokter itu sampai kaget kok dibiarkan demam slama sminggu lebih. Dokter itu langsung curiga, pasti saya kena tipes dan bisa juga plus demam berdarah. Karena penyakit sekarang tidak bisa di deteksi dari siklus pada umumnya akhirnya dokter itu pun menyarankan untuk segera tes darah. Ternyata benar, setelah saya tes darah, kadar tipes saya sudah tinggi, hemoglobin turun namun trombosit masih normal shg hanya¬† positif tipes dan tidak terkena DB. Al-hasil stlh konsultasi dg dokter obgyn dan dokter spesialis penyakit dalam sya harus opname deh…pertama kali (dan smoga yg terakhir juga) se-umur hidup..

About these ads

Responses

  1. Semoga lekas sembuh, diberikan kekuatan dan juga kesehatan buat mbak dan adek bayi..amin

  2. terus keadaan bayi bagaimana?

    • alhamdulillah baik2 saja…skrg sdh 7.5 bln

      • semoga lahir dengan selamt ya bu

    • makasih. sudah lahir dan skrg anaknya sudah berumur 7.5 bulan ^_^

  3. Saya jg pernah mengalaminya..duuuhh ga enak bgt..wktu itu kandungn sya usianya msh 6 w..persiiiiss spt yg bunda alami,tiap mlm sll demam…sya pikir apa lg ngidam kok rasanya lidah trasa pahit,sampe2 sya sempat makan rujak buah 3 bngkus,malah malamnya demam lbh parahh…dn trnyta stlh cek darah n priksa dokter emank bnr sya trkena typus..
    Jd qt musti hati2 dlm milih mkanan,lbh baik masak sndiri aja d rmh lbh aman..jng trlalu bnyak beli2 diluar..

  4. smoga lekas sembuh yaa


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: