Oleh: ikwanti | 8 April 2011

DAFTAR BEBERAPA PRODUK MAKANAN HARAM ATAU DIRAGUKAN KEHALALANNYA BERDASARKAN SYARIAT ISLAM

Saat ini, di pasaran banyak beredar produk (dan bahan baku penyusun) makanan, obat, kosmetika yang diragukan kehalalannya menurut syariat Islam. Apabila mengacu pada beberapa ayat dalam Kitab Suci Al Qur’an (QS. 2 : 219, 2 : 172-173, 5 : 3, 5 : 90, dll) dan Hadis Nabi SAW, maka beberapa di antaranya dipastikan jelas-jelas haram.
Beberapa produk dan atau bahan baku (ingredient) penyusun produk makanan, obat, dan kosmetika tersebut di antaranya adalah :
1. Ang ciu
Ang ciu sering sekali dipakai dalam mengolah Sea Food (masakan ikan), Chinese Food (masakan Cina), Japanese Food (masakan Jepang), Bakmi ikan, Bakso ikan, dll. Ang ciu ini bermanfaat untuk menghilangkan bau amis pada masakan ikan sekaligus mampu mempertahankan aroma ikannya. Istilah dalam bahasa Inggris untuk ang ciu ini bermakna Red Wine dan dalam bahasa Indonesia berarti anggur merah/arak merah. Oleh karena merupakan arak (wine), maka dipastikan ang ciu ini haram dikonsumsi oleh orang Islam. Produk lain yang memiliki fungsi mirip ang ciu adalah arak putih, arak mie, dan arak gentong.

2. Emulsifier E471
Emulsifier banyak jenisnya. Yang cukup terkenal dan sering dipakai adalah Lesitin dan E-number (Exxx). Telah diketahui oleh banyak ilmuwan di bidang peternakan, bahwa E471 adalah emulsifier yang berasal dari Babi. Hal ini insya Allah dapat diketahui (dianalisis) dengan menggunakan analisis PCR. Analisis ini cukup efektif dalam mendeteksi kandungan babi dalam suatu bahan. Hampir dapat dipastikan apabila suatu bahan makanan mengandung babi, maka tidak akan dapat lolos karena yang dideteksi adalah DNA babi.

3. Lesitin
Lesitin merupakan salah satu bahan pengemulsi makanan. Bahan ini dapat berasal dari bahan nabati (tumbuhan) dan dapat pula dari bahan hewani. Bahan nabati yang paling sering dipakai dan disukai karena kualitasnya adalah kedelai, sehingga digunakan istilah Soy Lechitine atau Soya Lechitine (Soja Lechitine). Bahan hewani yang paling sering dipergunakan adalah dari babi. Di samping karena kualitasnya yang paling baik, juga karena harganya relatif murah.
Hasil produk makanan yang menggunakan lesitin babi sangat bagus, rasanya gurih, nikmat, teksturnya lembut/lunak, dll. Oleh karena teknologi makanan (bakery, dll) sudah sedemikian maju, maka apabila lesitin yang dipakai oleh suatu perusahaan berasal dari kedelai, maka mereka tidak akan mau ambil resiko produknya tidak akan laku dijual (dihindari konsumen muslim dan para vegeterian). Untuk itu, apabila mereka menggunakan kedelai, maka akan langsung mencantumkan identitas ‘kedelai’ untuk mendampingi lesitin. Sehingga berhati-hatilah bila kita menjumpai suatu produk yang hanya ditulis ‘lesitin’ saja, tanpa embel-embel soja, soy, atau soya, karena bisa jadi lesitin tersebut berasal dari babi.

4. Rhum
Rhum adalah salah satu derivat alkohol yang dapat digolongkan dalam kelompok khamr. Rhum sering sekali terlibat dalam proses pembuatan roti (bakery). Jenis rhum yang paling sering dipergunakan adalah rhum semprot dan rhum oles (Toffieco, Jamaica, dll). Rhum amat sering pula dipakai dalam pembuatan roti Black Forest. Di toko bahan roti, nama rhum ini sedemikian harum, seharum baunya yang menyengat, sebagaimana umumnya bahan lain yang berasal dari alkohol. Oleh karena termasuk dalam kategori khamr, maka umat Islam dilarang menggunakan rhum ini.

5. Lard
Lard adalah istilah khusus dalam bidang peternakan untuk menyebutkan lemak babi. Bahan ini serig sekali dimanfaatkan dalam proses pembuatan kue/roti karena mampu membuat roti/kue menjadi lezat, nikmat, renyah, lentur, dll. Oleh karena merupakan bahan yang berasal dari babi, maka secara otomatis Lard ini dihukumi haram. Di Australia, salah seorang dosen senior di Fakultas Peternakan UGM pernah menemukan tulisan Lard dengan huruf Arab. Akan tetapi, tentunya meskipun ditulis dengan huruf Arab, tidak serta merta menjadi Lard ini halal.

6. Kuas Bulu Putih (Bristle)
BPS melaporkan bahwa pada periode Januari – Juni 2001, Indonesia mengimpor “Boar Bristle dan Pig/Boar Hair” sejumlah 282,983 ton atau senilai $ USD 1.713.309. Apa yang menarik?
Sekadar tahu, Anping adalah perusahaan yang memiliki sejarah 400 tahun dalam memproses bristle dan bulu ekor hewan. Perusahaan ini merupakan pusat distribusi terbesar bulu ekor hewan di utara Cina. Disebutkan, sekitar 50.000 orang lebih yang bergabung dalam proses produksinya dan memiliki lebih dari 1.000 workshop yang menyebar di berbagai negara.
Kata kunci yang menunjukkan identitas kuas putih ini adalah tulisan Bristle pada gagang kuas, yang dalam Kamus Webster berarti Pig Hair (bulu babi).
Berdasarkan hasil survei Tim Jurnal Halal, maka untuk membedakan apakah bulu kuas yang kita pergunakan berasal dari bulu/rambut babi atau yang lain dilakukan dengan cara yang sangat mudah dan sederhana. Bulu binatang mengandung suatu protein yang disebut KERATIN. Keratin merupakan salah satu kelompok protein yang dikenal sebagai protein serat. Sebagaimana halnya protein, maka rambut/bulu yang mengandung keratin saat dibakar akan menimbulkan bau yang khas. Bau khas tersebut sama ketika kita mencium aroma daging yang dipanggang.
Sementara bila kuas itu terbuat dari ijuk, sabut, atau plastik, maka pasti tidak akan mengeluarkan aroma spesifik selain bau abu pembakaran. Ketika dibandingkan dengan sapu ijuk dibakar jelas sekali terdapat perbedaan bau yang sangat kentara. Karena terbuat dari bulu babi, maka kuas tersebut najis, sehingga bila dipergunakan untuk mengoles roti, maka roti tersebut terkena najis. Singkatnya, benda najis hukumnya haram dimakan.

7. Alkohol (dan derivatnya) dalam obat
Beberapa macam obat (influenza) yang tercatat menggunakan alkohol atau derivatnya (turunannya,seperti : ethanol, dll) adalah Vicks : Vicks Formula 44, OBH : OBH Combi Plus, Woods, Benadryl, Actifed, Tonikum Bayer.

8. Urine dan Organ Dalam
Komisi Fatwa MUI Pusat mengeluarkan Fatwa Munas No. 2 Tgl. 30 Juli 2000 pada Munas VI – Majelis Ulama Indonesia Tahun 2000 di Jawa Barat bahwa urine, keringat, darah, dan organ tubuh yang telah keluar dari tubuh manusia haram dikonsumsi kembali. Selain itu, seluruh organ tubuh manusia haram dipakai dalam pembuatan makanan, obat, dan kosmetika.

9. Daging dan Jerohan Impor
Hati-hati ketika membeli produk daging beku di supermarket (mall, dll). Sebelum membeli daging, hendaklah kita tanyakan pada penjual (penjaga/pramuniaganya), dari manakah daging beku tersebut berasal. Pemerintah negara Swizerland tidak mengijinkan Syariat Islam maupun Yahudi dalam penyembelihan ternak diterapkan. Untuk itu, karena ternak (sapi, kambing, dll) tidak disembelih sebagaimana Syariat Islam, maka daging tersebut menjadi haram dimakan.
Lain hal dengan New Zealand (Selandia Baru). Di negara tersebut Syariat Islam dalam penyembelihan telah ditegakkan. Namun sayangnya, seringkali jerohannya tidak terawasi dengan baik dan sering bercampur dengan produk haram.

10. Cokelat Impor
Ketika kita mendapatkan oleh-oleh cokelat dari teman yang pulang dari luar negeri terkadang kita sering terlalu senang dan kurang berhati-hati. Tanpa membaca ingredients-nya (bahan baku), maka kita sering langsung menyantapnya. Tentunya bukan cokelatnya yang diharamkan! Akan tetapi, seringkali di beberapa negara di Eropa dan Amerika, produsen pembuat cokelat sering mencampurkan alkohol, brendy, dll. Padahal kesemuanya itu jelas termasuk dalam kelompok khamr yang diharamkan bagi umat Islam. Untuk itu, apabila kita temukan dalam daftar ingredients-nya ada bahan yang haram, maka selaku umat Islam yang taat pada Syariat Islam, maka makanan tersebut harus kita tinggalkan (tidak kita santap).

11. Roti Black Forest
Mutiara Dahlia, M.Kes, dosen program Tata Boga Universitas Negeri Jakarta, dalam resep standarnya, penggunaan rhum memang tak dapat dielakkan. Black Forest merupakan jenis kue yang menggunakan rhum dalam kadar paling tinggi dibandingkan jenis kue lainnya, yaitu sekitar 50 cc.

12. Plasenta Dalam Kosmetik
Kosmetik La-Tulipe produksi PT. Rembaka – Sidoarjo, Jawa Timur dan Musk by Alyssa Ashley menggunakan plasenta manusia. Plasenta (organ dalam) manusia HARAM dipergunakan sebagai bahan kosmetika (lihat Bab Urine dan Organ Dalam).

ditulis oleh:
Nanung Danar Dono, S.Pt., M.P.
Dosen Fakultas Peternakan UGM Yogyakarta dan Sekretaris Eksekutif/Auditor Halal LPPOM MUI Propinsi DIY

sumber: geraihalal


Responses

  1. berhikmah karena bisa dibaca oleh seluruh umat Muslim di indonesia.cuman yg menjadi pertanyaan ,banyak product makanan yg ingredients nya menggunakan lesitin kedelai, apakah itu termasuk haram???

  2. bagus banget bos.
    teliti terus makanan haram.yahudi dan nasrani tidak akan senang sampai kita mengikuti mereka.

    • biar makan ayam atau tempe bisa jadi haram kalo hasil nyuri… jadi haram halal bagaimana kita menyikapi suatu tindakan aja.

      • Haram itu dibagi jadi dua. Yang pertama haram dari dzatnya, misalnya babi, bangkai dsb. Dan yang kedua haram dari asalnya, misalnya ayam dari hasil mencuri atau korupsi. Atas dasar apa anda menyatakan “haram halal bagaimana kita menyikapi suatu tindakan aja”?

  3. bagaimana dgn keju?

  4. [...] : ikwanti.wordpress.com dan [...]

  5. thanks infonya. .tp agak bingung juga ni, produk luwak white koffie sudah berlabel halal dr MUI, tp pada ingredients mengandung E471. ternyata lebel halal tdk selalu aman unt kita

    • sama aq jg benung white koffie itu halal or haram ya

  6. mungkin gara gara ini doa kita tidak dikabulkan…
    infonya hal ini sama dengan yang disampaikana mantan misionaris + mantan pendeta ustadz mathius waktu beliau ceramah di tasikmalaya.. trims infonya

    • ustadz matius ??? dia gak laku kali jadi pendeta… kan org nasrani gak bisa diboongin… jadi pindah ladang agama lain. agama lain mah kalo tau mualaf laris manis dipanggil ceramah dimana2… mau dengerin testimoni menjadi seorang mantan pendeta…. he he eh

      • Kok dri tdi sewot trus ya si Ria ini! Heehe…. Islam itu emang bgitu, yg mau dimkn aja sbisa mungkin qt tau asal usulnya dan keadaan dzatnya atau proses pmbuatannya! Kalo ga seneng ya udah ga usah nongkrong di sini! Monggo minggat! Xixixi

  7. Makasih ya infonya, tp bgaimna dgn mkann yg mngandung lesitin tp mmliki lebel khalal?

  8. mw tnya ttg ice cream magn*m, tu halal atau haram ya?
    trima kasih..

  9. mudah mudahan !umat islam tak tertipu dan pandai2 memilih produk yang diragukan ke halalannya oleh syariat!

  10. mmaf ya admin,, setau saya kosmetik La-Tulipe udah ada sertifikat MUI nya ,, ajdi kenapa ga di update nih tulisannya,, jangan menfitnah :D

  11. Penjelasan tentang lesitin agak rancu nih!!… Baca:
    Bagian “maka apabila lesitin yang dipakai oleh suatu perusahaan berasal dari kedelai, maka mereka tidak akan mau ambil resiko produknya tidak akan laku dijuall (dihindari konsumen muslim dan para vegeterian)… terus “Sehingga berhati-hatilah bila kita menjumpai suatu produk yang hanya ditulis ‘lesitin’ saja, tanpa embel-embel soja, soy, atau soya, karena bisa jadi lesitin tersebut berasal dari babi”.
    Knp ga langsung aja “SOYA LESITIN adalah MINYAK BABI!!” atw klo emg bukan “SOYA LESITIN BUKAN MINYAK BABI!!” kaya ustd Matius #eh kebalik. Pake berbelit2 segala..
    Sory boss kasar,, soalnya sy bingung soal perLESITINnan nih, abis pada enak2 makananya hahaha.
    Jadi gimana nih sebenernya ??

  12. Assalamu’alaikum kita semua kan maunya semua yg kita jalani cara mendapatkan uang, apa yg kita pakai dan konsumsi itu semua Halal dan sesuai dgn syariat Islam. Jadi kalau kita sdh tau apa pun itu jika mmg tdk halal, ya sebaiknya jgn lg dipakai atau dikonsumsi ya kan ? Jd yg berbeda keyakinan tlg hargai/toleransilah thd kami yg ingin menjalani keIslaman kami dgn bnr :) wassalamu’alaikum -seorang mualaf yg berusaha menjalani ajaran Islam dgn bnr-

  13. [...] menurut anda halal namun sebenarnya mengandung ekstrak dari tubuh babi. serta juga dari blog http://ikwanti.wordpress.com menyebutkan hal yang sama tentang lesitin mengandung babi berikut penjelasan nya>  [...]

  14. PADA PRODUK “WHITE KOFFIE” DIDALAMNYA ADA E471 . TAPI KOK ADA LABEL HALAL DARI MUI …

  15. Bagaimanakah doa-doa kita bisa diijabah dan ibadah terutama shalat dapat khusyu’, bila bahan makanan selau sulit ditemukan yg halal… astaghfirullah…

  16. sy prnh mndengar kalo khamr itu haram ketika memabukkan. Bgmn jika ia dipakai sebagai obat. Apakah ttp harap? Trimakasih. Wassalam

  17. Inilah cara “mereka” menghancurkan umat Muslim.

  18. This really is the 2nd blog post, of your website I
    actually read. Still I love this particular one, “DAFTAR BEBERAPA PRODUK MAKANAN HARAM ATAU DIRAGUKAN KEHALALANNYA BERDASARKAN
    SYARIAT ISLAM Menyelami hikmah dari yang biasa” the very best.
    Regards -Charmain

  19. Alhamdulillah.. semakin jelasss… Trimakasih !..

  20. harus lebih teliti neh….

  21. trims infonya sangat bermanfaat utk kita orang islam

  22. At the first place. Then that is a very impressive length and a burnt taste to my glass’s contents. Now our Canadian friend displayed no sweetness; the wine merchant. Vidal, on the winery where the wine merchant.

  23. klau kta bnr” tdk tau akn halal atu haramnya mkann itu. Dan kta terlanjur mmakannya, Apa yg akan terjadi pd kta?..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: