Oleh: ikwanti | 14 Agustus 2019

Gulai Kambing Enak

Musim qurban identik dg kambing dan sapi. Alhamdulillah thn ini bs brqurban lg seekor kambing untk anak kdua,smg Allah menerima dan meridhoinya dan memudahkannya mjd anak yg sholih,hafidz qur’an,sukses,bahagia dan slamat dunia akhirat.aamiin

Dan inilah hasil olahan dunia tulang menjadi gulai,karena tulang nya dapat nya lumayan banyak jadi ndak sy tambahkan dagingnya,cuma sedikit jerohan. Menurutku ini gulai terenak yang pernah ku bikin,bahkan sampai keesokan hari nya pun masih enak dan bisa ludes sampai habis😍

Bahan:

Tulang2 kambing seadanya (sy 1 panci sedang hampir penuh) di presto 1/2jam
Jerohan sedikit
Kelapa 1/4 butir dparut diambil santannya kira2 jd 1 lt
Air 2lt

Bumbu halus:
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 3 siung
Kemiri 4 butir
Kunyit 3 cm
Laos 5 cm
Jahe 4 cm
Kencur 1 cm
Kunci 1 cm
Cengkeh 3 butir
Merica 1/2 sdt
Tumbar 1 sdt
Pala 1/2 cm
Jinten 1/4 sdt

Bumbu tambahan:
Kayu manis 5 cm
Daun salam 10lbr
Serai 3 digeprek
Daun jeruk 3
Gula
Garam
Bawang goren 2 sdm

Cara memasak:
Didihkan air, masukkan tulang dan jerohan, kayu manis,daun salam,serai dan daun jeruk. Haluskan semua bumbu halus lalu tumis sampai harum kemudian masukkan ke dalam rebusan tulang. Tambahkan gula, garam. Biarkan 10 menit agar bumbu meresap. Lalu tambahkan santan, aduk sampai mendidih dan koreksi rasa,tambahkan taburan bawang goreng. Gulai lezat siap dihidangkan.🤩

Iklan
Oleh: ikwanti | 11 Agustus 2019

Membiasakan sunah sejak kecil

Bagi sy orang awam yg tak seberapa mengenal ilmu agama seringkali kesulitan mengajak anak2 dlm beribadah. Yang wajib sj sulit apalagi sunah. Sulit tidak apa2, belum bisa tidak apa2 terus diajak,terus dilakukan baik berat atau pun terpaksa dan sdikit memaksa tepatnya😆.

Dua anak pertama sy trmasuk anak yg agak tidak tertarik dg makanan. Setiap kali malas makan sering dia bilang aku mau puasa mi😅. Begitu puasa, adzan subuh setelah saur dia bilang aku mau minum,haus pdhl pas saur udah minum dan diingatin spy banyak minum air putih biar g haus😝.

Kemarin adalah hari dimana disunahkan  berpuasa arofah yg pahalanya dhapuskan dosa satu tahun yg akan dtg dan satu tahun yg kmrn. Nyoba nanyain si kakak yg baru naik kelas 3 SD (8th) trnyta dia antusias mau puasa. Bgtu jam saur sy ajaklah dia, kali aja mau bangun. Alhamdulillah mau bangun cuma mau saur asal disuapin dikamarnya sambil dia tetep merem🥴. Ya udah yg penting tetep semangat mau puasa.

Agak siangan dikit udah gremeng minta minum,pengen cilok lah,pengen donat lah,pengen jus lah dll. Namanya jg anak2,emaknya kudu kuat bin tega. Di edem2 akhirnya mentok tahan smp dhuhur. Brsyukur msh ad semangat mau puasa sunah meski trtatih2. Kami bukan keluarga yg sangat ideal dlm menentukan target2 hny brusaha semampunya.

Kami sbnarnya jg bukan kluarga yg kaya,selain kerja dkantor sekolah, sy dari kecil sdh trbiasa brjualan akhirnya mjd hobi smp skrg. Sdkit demi sdikit dr laba jualan kami kumpulkn agr tiap tahun bs brqurban. Cita2 sjak dr dl,meski bkn dr gol.kaya brharap dan brdoa bs brqurban untk diri sdr,kelurga,anak2 dan kakek nenek kami yg tlah mendahului kami sbg bakti kami kpd mrk yg blm trtunai ktika mrk msh hidup.tak bynk hasil jualan,hanya 2rb,5rb,20rb dan bs lebih. Alhamdulillah thn ini tertunai qurban untk anak kdua. Dia pilih dan beli sdr kambingnya,ia antar sdr k musola dan ia lihat sdr proses penyembelihannya tanpa rasa takut dan eman. It adlah kewajiban kpd Sang Khaliq. Si bungsu pun ia tak iri blm kami berikan jatah qurban. InsyaAllah smg thn dpan bs mnyusul brqurban adik zidan,pak dktr jenderal sholih. Kalian trio sholih yg luar biasa hebat dg sgla kewajaran anak2 😅

 

Oleh: ikwanti | 9 Agustus 2019

Kesadaran beribadah sejak kecil

Rasanya ini sulit sekali. Berkali-kali aq merasa mjd ibu yg gagal menanamkan ini pada trio fatih ku. Meski berulang kali tak jemu berusaha mengajak,mengajari dan memberi contoh kpd mereka dg sabar,dg sedikit nada tinggi smp dengan esmosi (namanya emak jg manusia hehehe). Namun tak putus asa aq pasrah,berulang kali bahkan tak jemu ku titipkn kembali mereka kpd yg menitipkan (Allah),Rabbi habli minashsholihin….di usia yg sdh memasuki 8 th ya Allah kenapa blm bs sadar sholat….sholat jamaah drumah pun jg blm bs tertib msh suka mainan,jahil sm adik,dll…Allahu robbi….
Siang ini aq hrs mengantar daganganku k bbrp customer untk mngumpulkn sdikit demi sdikit biaya skolah anak2 yg blm kulunasi skalian mencari data adik2 calon binaan mengaji di almamater SMA ku dl. Awalnya si tengah dan di bungsu rewel mau ikut,duh pasti nanti ribet klo ngantuk kena angin bs trtidur berdua dmotor, gmn meganginnya.ya udah dg sgala lobi akhirnya brhasil brgkat sdrian. Selese urusan balik lah aq nemui anak2,dasar emak td lupa g ngingetin kakak buat jumatan, astaghfirullah batinku. Lalu kutanya kak td jumatan nggak? Udah jumatan td mi. Alhamdulillah ya Allah pdhl td aq lupa mnyuruhnya, alhamdulillah Engkau menyadarkan dan menggerakkan si kakak untk sholat jumat.

Lain lgi cerita dg si tengah,Banna namanya. Hampir selalu sering mengeluh dan lobi2 tingkat tinggi jika diajak belajar,mengaji,mnghafal,sholat,mandi bahkan makan. Tetapi jika sdh dmulai dia pun sebenarnya enjoy. Masalah dia akan lgsg down jk tdk segera bisa….aduh mak pasti rempong pk jurus apalagi, mulai dr alus smp esmosi prnah. Cuma kali ini si emak lg waras, kucoba perlahan dg guyonan dan motivasi meski berhenti untk mengaji dbaris terakhir akhirnya mau jg untk mlanjutkan hafalan al-mulk smp ayat 17 di usia nya yg baru genap 6 thn 4 juli lalu. MasyaAllah ingatannya mmg kuat,hafalan bagus. PR besar emaknya untk tdk mnyia-nyiakn potensinya,doa emak mg dmudahkan mnghafal alquran hibgga mjd hafidz-hafidzah buat trio fatihku dan kturunan2 kami.

Bgaimana dg si bungsu,ndut yg lucu? Oh dia masyaAllah paling ndut diantar mrk brtiga. Makannya plg banyak, susu nya paling banter, paling ekspresif, paling hebat tingkat lobiyingnya. Maka sering aq memanggilnya pak dokter jendral. Krn tubuh lekarnya layaknya panglima TNI,namun brharap dan brdoa dia jg bs mjd dokter ahli.aammiin. Di usia yg sdh mnginjak 3 th, bicara nya blm jelas. Emak mulai khawatir krn sering dtitipkan k embahnya. Emak merasa brsalah, dia yg plg kurang prhatian emaknya. Akhirnya emak nekat bawa dia kerja dan mngajaknya sekolah. Di skolah dia blm duduk dg tenang,msh suka semaunya sdr,hampir tak prnah memperhatikan gurunya. Pas emak ngajari kakak2nya,dia mainan mlulu. Hebatnya dia tak ganggu belajar kakak2nya. Iseng2 si emak ngajak dia murojaah, ku pikir dia pasti blm bisa krn bicara sj blm jelas. MasyaAllah trnyta dia sdh hafal bnyak surat2 pendek. Hah?kok bs?ya meskipun blm jelas bicaranya,dia sdh hafal mulai annas-alhumazah bahkn bbrp ayat awal al-mulk.mgkn dia dengar kakaknya saat mnghafalkan pdhl dia mainan saat it.MasyaAllah….i love u anak2 sholih,trio fatihku…smg dmudahkn mnghafal dan mjd hafidz ahlul qur’an….

Cerita diatas bagaikan mimpi belaka saat bbrp waktu lalu sempat aq dhina oleh seorang guru ngaji d dkat rumahku. Anak dskolah mahal tp sampe SD blm bs baca Alqur’an….ya bayangkan btapa hatiku tak pecah dgitukan.it anakku bu.tau gak sih?baiklah aq sakit hati iya,saat it saja.tp its oke.it adlh pngingat diriku.alhamdulillah ad yg mghina,it justru jd pecut diriku untk bs membuktikan kami insyaAllah bs lbh baik dr kamu dan murid2mu buk….hinaanmu adlh motivasi dan doa smg kami lbh baik dari smua kluarga dan murid2mu,lbh baik d dunia dan akhirat insyaAllah….trio fatih the best,we proud u 😘🤩🥰

Oleh: ikwanti | 6 Februari 2019

Dino Park di Jatim Park 3

Dino Park adalah salah satu wahana yang ada di Jatim Park 3, Batu. Di depan area Dino Park terdapat semacam mall yang terdiri dari berbagai cafe, indomart, dan toko-toko yang menjual aneka oleh-oleh. Saya sendiri kesana ndak sempat keliling mall nya. Begitu sampai disana hanya duduk-duduk menunggu tiket masuk dan membeli sedikit bakery untuk bekal mengganjal perut sebelum mencari makan siang. Karena masuk di area wisata seperti jatim park pada umumnya tidak diperbolehkan membawa makanan berat seperti nasi, mie dan sebangsanya. Dan jam buka Dino Park jam 11 siang mendekati jam makan siang, jika kita sarapan dari pagi pasti sebentar lagi akan merasa lapar. Jika Anda kesini sebaiknya mempersiapkan bekal juga untk menghadapi antrian yang sangat panjang dan lama sebelum masuk ke dalam dan menemukan foodcourt. Baca Selengkapnya..

Telaga Sarangan terletak di Kota Magetan, berada di lereng Gunung Lawu. Di sekitar Telaga Sarangan banyak destinasi wisata, sehingga jika kita kesana bisa sekalian mengunjungi berbagai tempat wisata yang lainnya. Diantaranya ada Telaga Wahyu, Kebun Stroberi, Mojosemi Forest Park, Air Terjun Pundak Kiwo, Air Terjun Tirto Sari, dan berbagai taman hutan lainnya plus pendakian ke Puncak Lawu (Cemoro Sewu). Baca Selengkapnya..

Oleh: ikwanti | 9 Januari 2019

Wisata Bahari Lamongan dan Maharani Zoo

Wisata Bahari Lamangan (WBL) terletak di Lamongan. Dari Bojonegoro kira2 dapat ditempuh selama 1,5 jam prjalanan. Kami berangkat jam 8.30 sampai disana jam 11an dengan membeli tiket terusan WBL+Maharani Zoo. Baca Selengkapnya..

Oleh: ikwanti | 27 Agustus 2018

Pantai Pangi BIitar Nan Eksotik

Setelah sepekan kemarin kita barusan dari Blitar tapi k pantai Tambakrejo dan ini bikin kita masih kepo dengan pantai Pangi yang konon katanya pantai paling indah. Pagi jam 10 an setelah menunggu kakak ikut olimpiade matemtika se-Jawa Bali yang diadakan oleh UIN Malang di SMP Plus Rahmat dan mengantar pesanan teri nasi kita langsung meluncur menuju Blitar. Baca Selengkapnya..

Oleh: ikwanti | 21 Agustus 2018

Pantai Tambakrejo Blitar

Lama pengen liburan merasakan pantai-pantai yang ada di Blitar, alhamdulillah akhirnya kesampaian juga. Awalnya kita sebenarnya pengen menuju Pantai Pangi tapi kita keblabasan jalannya beberapa meter akhirnya tanya warga sekitar. Ternyta jalan menuju Pangi lebih sulit. Lebih mudah jalan menuju Pantai Tambakrejo, parkiran mobilnya juga langsung di depan pantai tidak seperti Pantai Pangi yang harus jalan kaki dulu menuju lokasi pantai.

Tiket masuk menuju Pantai Tambakrejo juga terbilang sangat murah sekali dibandingkan Baca Selengkapnya..

Oleh: ikwanti | 18 April 2018

Patah Tulang karena Gamis Lebar

Sudah banyak kejadian, dan ndak pernah bayangkan kalau ini akan terjadi pada diriku sendiri. Ya, karena gamis lebar nyangkut di motor. Bukan karena dibonceng tapi motoran sendirian. Saking lebarnya gamis dibagian bawah ketika naik motor ia akan melambai2 hingga ke belakang dan akhrinya masuk di roda belakang (apalagi kl motor nya motor bebek biasa bukan metik).

Rabu, 28 Maret 2018 lalu pagi ijin sebentar dari kantor untuk menghadiri undangan pernikahan adik binaan (Dek Safarino). Lalu sepulang sekolah jam 2 an siang anak-anak kuantarkan pulang ke rumah ibuku, aku dan beres-beres rumah sebentar karena saat itu yang bantuin bersih-bersih rumah sudah 2 pkanan sakit jd g masuk dan hrs mengerjakan semuanya sendirian. Sehabis ashar stelah mandi dan sholat ashar aku kembali berangkat ke Setono Pande untuk ngisi acara RKI hingga hampir magrib. Seingatku saat itu belum adzan aku minta ijin pulang duluan karena kemarin sudah pulang malam, pengennya segera pulang dan istirahat karena badan rasanya akhir-akhir ini capek sekali.

Tiba-tiba sampai di “mbulak” (jalan di tengah persawahan) dekat rumah motorku serasa ada yang Baca Selengkapnya..

Oleh: ikwanti | 26 Maret 2018

Sempol Super Enak

Sempol merupakan jajanan anak-anak yang berasal dari Malang. Sempol baru ngehits di Kediri sekitar tahun 2015 an. Penjual sempol pun kian banyak saat itu, namun sekarang di tahun 2018 sudah banyak yg tutup juga. Kalau kita membeli jajanan sempol di jalan-jalan ada yang enak, tapi juga lebih banyak yang tidak enak 😀 Dari segi kualitas makanan pun diragukan baik bahan dan cara memasaknya. Baca Selengkapnya..

Older Posts »

Kategori