Oleh: ikwanti | 8 Maret 2008

27 februari yang bersejarah bagi Indonesia

Akhir januari 2008, tanggal 27 pukul 13.10 hari meninggalnya Bpk. H. Suharto adalah hari bersejarah yang menguapkan seluruh memori sejarah bangsa Indonesia di masa lalu. Beberapa hari sebelum dan sesudah meninggalnya beliau, berbagai media televisi, media masa maupun elektronik tak henti-hentinya memuat berita tentang sejarah hidup beliau.
40 hari mantan presiden kedua Indonesia ini bertaruh nyawa di Rumah Sakit Pusat Pertamina dengan kondisi beberapa organ tubuh yang vital tidak lagi dapat berfungsi dengan baik. Sejak turun tahta, mantan penguasa orde baru ini memang sering kali mengalami keluar masuk rumah sakit dengan berbagai keluhan kesehatan yang dialaminya. Ntah itu karena untuk menghindari kasus hukum dirinya ataukah memang benar-benar kondisi kesehatannya yang memburuk, allahu’alam.
Sampai detik-detik kritisnya Pak Suharto ini, masih saja terus mengundang berbagai kontroversial dari beberapa pihak. Namun, presiden Susilo Bambang Yudoyono sendiri mengatakan bahwa memperkarakan status hukum mantan presiden Suharto pada saat seperti ini tidaklah tepat. Mungkin sebagian besar orang yang memperkarakan status hukum beliau beranggapan bahwa takutnya ketika kasus tersebut tidak segera diselesaikan beliau keburu meninggal. Dan memang benar mungkin tanda-tanda berakhirnya kehidupan beliau sudah terasa bahkan pihak keluarga Cendana pun sudah bersiap-siap di pemakaman pribadi mereka.
Yang menjadi catatan disini adalah bukannya Islam mengajarkan bahwa membicarakan keburukan orang yang baru meninggal itu dilarang? Seburuk apa pun sesuatu pasti adanya baiknya, selama ada kebaikan yang pernah dilakukan oleh Pak Suharto kenapa harus lebih dulu membicarakan keburukannya? Bahkan sesama orang yang masih hidup saja berprasangka buruk pun juga dilarang, harus mencari-cari alasan seribu alasan hingga kita tak lagi punya alasan untuk berprasangka buruk padanya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: