Oleh: ikwanti | 9 April 2008

Aturlah kesibukan Anda agar produktif

Anda mungkin pernah melihat orang yang sudah lajut usianya , tapi tidak banyak kelebihan yg dihasilkannya , kecuali sekedar ia berusia lanjut .Tetapi juga anda pernah melihat orang yang masih muda , tetapi sudah banyak menghasilkan ha hal yang bermanfaat , tidak hanya bermanfaat untuk dirinya tetapi juga memberi manfaat bagi orang lain.Ini sesungguhya menyangkut produktifitas umur seseorang .

Secara filosofis produktivitas adalah sikap mental yang memiliki pandangan bahwa mutu kehidupan hari ini harus lebih baik dari kemarin, dan hari depan harus lebih baik dari hari ini. Dengan begitu inti dari produktivitas adalah mental untuk melakukan perbaikan secara terus menerus.
Aturlah Kesibukan Anda Agar Produktif - Akhmad Arqom Trustco Surabaya
Seseorang yang produktif akan selalu mengusahakan apa yang dilakukannya bisa efektif, efisien dan berkualitas. Yang menjadi patokan bukan bekerjakeras saja namun juga bagaimana bekerja secara cerdas.
Produktivitas juga tidak hanya seberapa besar yang dihasilkan dan seberapa besar hasil yang didapat tapi juga berkait dengan kepuasan untuk memberi yang terbaik dan kepuasan menerima penghargaan yang baik.
Produktivitas tidak hanya berlaku bagi mereka yang bekerja secara operasional dilapangan tapi juga para manajer dan pimpinan. Produktifitas memacu orang untuk berpikir apa yang bisa saya lakukan dan bukan menghindar dari pekerjaan. Produktivitas adalah salah satu bentuk aktualisasi diri sesorang untuk menunjukkan kemapuan dan prestasinya.
Sibuk tapi produktif
Mereka yang hidupnya sibuk tapi produktif biasanya dalam hidupnya selalu bekerja dengan rencana yang jelas tetapi dengan fleksibilitas yang baik . Kita juga dapat mengamatinya target target hidupnya bisa dia raih dengan baik . Namun yang lebih penting keberadaannya punya dampak yang besar kepada lingkungannya .
Sibuk tapi tidak produktif
Mereka yang masuk kategori ini biasanya memiliki karakteristik berikut :
  1. Hanya menjalankan rutinitas
Orang dengan kategri ini biasanya melewati hari harinya sekedar mengisinya dengan aktifitas yg sudah secara teratur dijadwalkan untuknya . Saya katakan dijadwalkan untuknya karena ini mencerminkan orang yang tidak mandiri dalam mengatur kesibukan hidupnya sendiri . Ia menjadi teratur karena ia terikat sebagai mahasiswa , pegawai , atau profesi lainnya yg sudah dijadwal oleh institusi dimana ia berada dan bekerja .
  1. Bekerja tanpa rencana
Efek dari yang saya jelaskan diatas biasanya orang orang semacam itu tidak punya visi hidup untuk direalisir .Akibatnya ia tidak tahu apa yang harus dikerjakan secara teratur dan terarah
  1. Tidak jelas apa yang dihasilakan
Seorang intelektual muslim yang tinggal di Amerika , DR Hisyam Thalib , mengatakan : ” …barang siapa yang gagal merencanakan , maka ia telah merencanakan kegagalannya sendiri ..”. Nah jika anda bekerja tanpa visi dan rencana yang jelas , maka tidak jelas juga apa yang anda hasilkan
  1. Tidak ada atau Tidak banyak Impact yang anda berikan
Take and Give itulah realita dalam kihidupan ini . Manusia menghirup oksigen dari udara yang dihasilkan pepohonan , tapi mereka kemudian memberikan CO2 yang dibutuhkan oleh pepohonan. Guru mengajar dan mendidik di kelas , murid dan mahasiswa kemudian memberi penghormatan kepada mereka. Nah saya dan anda sudah begitu banyak menerima nikmat-Nya dalam hidup ini berupa waktu – ilmu – harta – orang orang yang kita cintai disekitar kita serta nikmat lainnya , lalu apa kemudian yang bisa kita berikan secara lebih kepada kehidupan ini , kalau kita menjalani hidup ini tanpa kerja dan kesibukan yang terencana serta terarah. Manfaat dan dampak kehadiran kita tentu tidak banyak.
Bagaimana Melakukannya
Nah terlalu mubazir kan , kalau hidup ini anda jalani tidak dengan kualitas produktif . Sekarang mulailah babak baru dalam kehidupan anda agar menjadi pribadi yang lebih produktif dari waktu ke waktu . Cobalah mulai melakukannya dengan cara berikut :
Pertama : Putuskanlah mulailah sekarang untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi siapapun dalam hidup ini
Kedua : Disiplinkanlah hidup anda dengan memberikan gizi yang teratur yang dibutuhkna oleh pikiran anda berupa ilmu , yang menjadi sebab bagi kokohnya hati dan jiwa anda berupa ibadah , yang akan membuat tubuh anda sehat berupa nutrisi dan olah raga yang tertaur
Ketiga : Kalkulasilah kemudian apa yang bisa anda kontribusikan bagi sesamnya . Ilmukah ? Uangkah ? Tenagakah ? .Kalau takaran yang anda miliki belum cukup untuk dibagi , itu artinya anda harus segera mencarinya. Tetapi jika sudah melebihi ukuran yang anda butuhkan maka bagikanlah pada sesama .
Keempat : Bekerjalah atau beraktifitaslah berdasakan prioritas .
Kelima : Agar anda selalu bersemangat dan tidak cepat puas , lihatlah orang orang yang lebih kontributif kepada sesamanya dalam hal kebaikan .Sebab ini akan memberi anda energi untuk terus memperbaiki diri .Anda akan iri kepadanya secara positif dan konstruktif
Keenam : Jangan pernah berhenti untuk mengevaluasi apapun yang sudah pernah anda lakukan , dan belajarlah selalu agar anda semakin bermutu dalam banyak hal dari waktu ke waktu.
trustcosurabaya. com (oleh Ustad Ahmad Arqom)

Responses

  1. Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://infogue.com/bisnis_keuangan/aturlah_kesibukan_anda_agar_produktif/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: