Oleh: ikwanti | 10 Maret 2009

Nglembur minum kopi berbahaya kah?

Buat temen-temen yang suka nglembur, kalau mau ngopi jangan takut terkena penyakit. Meski kopi mengandung kafein tapi ternyata kopi bermanfaat juga lho buat kesehatan tubuh kita. Asal cara menikmatinya benar. Kopi juga bisa berbahaya kalau cara menikmatinya salah. Misalnya jika Anda harus menyelesaikan pekerjaan semalaman, lalu minum banyak kopi untuk membuat Anda terus terjaga. Perlu diingat kafein dalam kopi bisa menyehatkan sekaligus melukai kita. Terlalu banyak kafein bisa menimbulkan gangguan kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, mudah marah, dan gangguan tidur.

Kesalahan lainnya adalah membiarkan anak Anda minum kopi sebagai ganti minuman bergizi lain yang dibutuhkan anak. Kafein dalam kopi bisa berbahaya bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Kafein dapat mencuri kalsium dari tulang, dan bisa membuat tulang anak menjadi rapuh.

Inilah cara minum kopi yang disarankan:
Minum lebih sering dalam dosis kecil. Cukup minum seperempat cangkir kopi setiap jam. Jika Anda meminumnya untuk mencegah kantuk, cara ini lebih efektif daripada jika Anda menenggak satu mug besar.

Singkirkan rokok Anda. Minum kopi sambil merokok justru mengurangi daya tahan kafein.

Sesap kopi Anda, lalu tidurlah. Inilah cara terbaik untuk memulihkan energi. Minumlah kopi, lalu tiduran 10 hingga 20 menit. Selama itulah kopi juga membutuhkan waktu untuk menampakkan khasiatnya. Lagi pula, tidur memang satu-satunya cara untuk menjadi bugar. Dengan demikian, Anda akan terbangun dalam keadaan betul-betul segar.

Isi dulu perut Anda. Bohong bila ada yang mengatakan bahwa minum kopi bisa menyingkirkan rasa lapar. Hal itu hanya membuat perut Anda kembung. Justru Anda harus makan sebelum minum kopi.

Anda tidak perlu minum kopi bila:
1. Anda merasa gelisah setelah meminum kopi.
2. Anda mengalami kesulitan tidur (insomnia).
3. Anda punya masalah dengan perut, atau gangguan dalam pencernaan.
4. Anda ingin buru-buru merokok setelah minum kopi.
5. Anda sedang mengonsumsi obat flu atau sakit kepala yang juga mengadung kafein. Hal ini akan melebihi kuota kafein yang aman.

sumber
all about tentang kopi


Responses

  1. Sukron ukh ats artikelny,ini sngt membntu skali utk ane dn tmen2 yg bkerja full dn jg sdang lmbur malm.mungkn bs ane saranin buat tmen2 kntor yg maniak kopi.

  2. Assalamu’alaykum.
    Mbak, sebenernya kopi itu bener-bener membuat orang ga bisa tidur atau hanya sugesti aja?
    Ada penjelasan ilmiahnya ga?

    Oia, salam kenal ya…

  3. wa’alaykumsalam warrahmatullah…afwan ndak tau.. search sj di mbah nya alias mbah google🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: