Oleh: ikwanti | 7 Juni 2010

Lidah tak bertulang, namun sayatannya setajam seribu pedang

Siang itu panas, namun gundukan mendung sudah mulai terlihat. Ku masih di dapur membantu mereka yang sedang memasak untuk persiapan nikahannya saudara. Kerabat pun mulai berdatangan untuk membantu. Dan datanglah seorang ibu2, kerabat dari jalur ayahnya suami. Katanya dia sudah berhaji. Dia pun menuju dapur, melihat2 isi panci lalu mengambil sebuah piring dan diisinya nasi untuk ia makan. Lalu mengambil sayur dipanci dan berkata, “Kowe seneng anak opo golek duit ka, heh!!!” Begitu yang ia ucapkan tanpa bertegur sapa terlebih dahulu padaku.

Ya, cuma 1 kalimat itu yang terdengar olehku. Kurasakan itu bukan sebuah ucapan namun sayatan pedang yg menembus segala sisi harap, smangat dan kesabaran yg coba ku bangun beberapa hari ini. Aku tak ingin marah padanya, ku tinggalkan ia tanpa spatah kata. Ku tinggalkan ia dengan rasa yang sulit ku gambarkan. Lalu tak bs kusembunyikan betapa sedih jiwaku, lalu tangisku pun pecah disamping suamiku.

Betapa teganya ia berkata seperti itu padaku. 12 bulan ku mencoba membangun kesabaran menanti buah hati. 12 bulan ku berusaha selalu kuat dalam kelelahan mengais riski demi suami, keluargaku, keluarga suamiku, demi keturunanku kelak. 12 bulan ku jerih payahku tak pernah kunikmati hanya untuk diriku sendiri. Betapa inginnya 12 bulan ini dan selamanya ku dirumah mendidik anak2 kami…Namun apa layak ku menuntut apa yang telah ditetapkan oleh-Nya? Sungguh ku tak ada daya, karena Engaku lah Yang Maha Menghidupkan duhai Rabb ku Yang Maha Mengetahui.

Ya Allah…
biarlah ikhtiar kami Engkau saja yang mengetahui
karuniakanlah kami kesabaran atas segala keputusan terbaik-Mu
dan jangan jadikan kami orang-orang yang mengingkari setiap nikmat-Mu
sesungguhnya Engkaulah yang mengetahui apa yang terbaik bagi setiap hamba-Mu

Ahad, 6 juni ’10


Responses

  1. orang yg memuji seseorang itu menunjukkan bahwa di dlm dirinya jg ada kebaikan. sebaliknya orang yg menghina pun berarti didalamnya dirinya pun penuh keburukan shg mata hatinya tak dpt memandang kebaikan orang lain. tersenyumlah krn hina dan cela mrk!!🙂

  2. sabar ya ka…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: